The Alien

Wajah Bumi Zaman Dulu Hingga Masa Depan

| Sabtu, 29 Maret 2014

Wajah Bumi Zaman Dulu Hingga Masa Depan

Bumi merupakan tempat berpijak. Awalnya dulu bumi hanyalah satu benua besar dan luas yaitu Pangea. Butuh waktu yang sangat lama untuk pergerakan lempeng-lempeng hingga membentuk benua-benua seperti sekarang. Bedasarkan teory-teory pakar geologi, bumi akan selalu mengalami pergeseran pada lempeng dan mengakibatkan perubahan permukaan bumi. Tentunya butuh waktu bertahun-tahun.



Jika benar apa yang telah diperhitungkan oleh pakar-pakar geologi, 250 juta tahun kedepan benua-benua akan kembali menjadi satu. Menjadi benua besar seperti kembali255juta tahun yang lalu yaitu benua Pangea. 

Dari mana pakar geologi tahu bentuk bumi masa depan? 
Tentunya untuk membuat model bumi masa depan jelas harus diketahui kecepatan dari pergerakan kerak-kerak bumi ini terlebih dahulu, kemudian masing-masing kerak lempengan saling bertabrakkan


Diatas itu gambar  yang menunjukkan peta kecepatan masing-masing lempengan tektonikyang ada di bumi ini.
Lihat panjang dari anak panah menunjukkan kecepatannya. Semakin panjang semakin cepat jalannya. Lempengan IndoAustalia bergerak dengan kecepatan 7-8 cm pertahun kle arah Timur laut. sedangkan Eurasia bergerak ke timur. Terlihat bahwa ada tubrukan kalau arahnya berbeda. Tubrukan lempeng inilah yang menyebabkan gempa. Dengan bermodalkan rupa bumi saat ini beserta kecepatan gerakan benua-benua masa kini tentunya dapat dibuat model benua bumi dimasa mendatang.

Pangaea atau Pangea (Pan berarti keseluruhan, seluruh dan Gaia berarti Bumi dalam Bahasa Yunani Kuno) adalah Superbenua yang sangat besar pada zaman Paleozoikum  danMesozoikum sekitar 250 juta tahun yang lalu, sebelum akhirnya terbelah atau terpecah menjadi beberapa potong benua atau lempeng lalu menyebar ke seluruh permukaan bumi.


Berikut adalah gambaran-gambaran bumi dari pertama kali permukaan tebentuk, hingga masa depannya. (sesuai urutan)

Precambrian

Cambrian
 Ordovician
Silurian
Devonian
Early Carboniferous
Late Carboniferous
Permian
Triassic
Jurassic
Late Jurassic
Cretaceous
K/T extinction
 Eocene
 Miocene
Last Ice Age
Last Ice Age
 Future World
 Future +150
 Future +250
 Itula tadi gambaran-gambaran bumi dari masa lalu hingga masa depan. Untuk 50 juta tahun kedepan, anak-anak SMA enggak usah piknik ke Bali, tapi ke Australia... he ,, he,, Tahu kan setelah ngelihat gambaran diatas.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲