The Alien

Mitos mitos yang saat kita ketahui waktu kita masih kecil

| Senin, 31 Maret 2014
[Image: 1334400060586746811_300x296.25.jpg]


Mitos biasanya sering kita dengar saat masih kecil, disela-sela larangan dan nasihat orang tua. Meskipun mitos juga bisa ditemui ketika kita sudah dewasa, namun mitos-mitos dimasa kecil tentunya lebih banyak dan lebih dipercaya karena sudah tertanam sejak dini. Ketika sudah dewasa ada yang tersadar akan ke-tidak-masuk-akal-an mitos-mitos masa kecil itu, namun tak jarang juga yang masih mempercayainya. Berikut adalah beberapa mitos masa kecil yang belum terbukti kebenarannya.

1.Foto bertiga
Jangan foto bertiga nanti yang tengah mati duluan, begitulah yang sering kita dengar dulu waktu kecil atau bahkan sampai sekarang. Padahal umur ada di tangan Tuhan, dan manusia tidak punya kuasa atas itu. Kalau seandainya mitos ini benar, buat yang ingin bunuh diri tidak perlu repot terjun dari tower atau menyiapkan tali untuk gantung diri. Cukup ambil kamera dan ajak dua teman berpose di sebelah kanan dan kiri, maka tinggal tunggu waktu saja dia bisa meninggalkan dunia.
ARTI : Mungkin biar gak banyak wajah di Kamera

2.Membuka payung di dalam rumah
Ketika membuka payung di dalam rumah, pasti ibu teriak-teriak untuk mencegahnya. Lagi-lagi dengan alasan umur. Membuka payung di dalam rumah bisa bikin mati cepet. Sudah kelihatan sekali ke-tidak-masuk-akal-annya bukan?
ARTI : Biar gak ketatap lampu

3.Berdiri di bibir pintu
Buat yang cewek biasanya sangat dilarang ketika berdiri di bibir pintu apalagi sambil makan. Katanya sih nanti orang yang melamar kembali dan tidak jadi melamar.
ARTI : Tempat orang lewat sana sini, dibuat duduk... terus orangnya lewat mana?

4.Makan brutu atau pantat ayam
Makan brutu ayam bisa bikin pikun. Entah ini benar atau tidak, yang jelas sampai sekarang belum ada artikel yang memaparkan tentang pengaruh daging ayam pada bagian tertentu terhadap kinerja otak.
ARTI : Karena itu tempat ....... *maaf* TAHI

5.Hujan panas
Hujan panas itu ketika hujan tapi langit tidak mendung dan malah cerah. Ketika sedang hujan panas, biasanya anak-anak kecil dilarang main keluar karena katanya ada wewe gombel sedang beranak. Seandainya cerita ini benar entah sudah berapa anak wewe gombal yang dilahirkan kedunia mengingat hujan panas tidak cuma sekali terjadi.
ARTI : halah itu cuma bohongan... itu cuma biar daerahnya habis dingin terus panas..... gak begituan.

6.Menyapu yang bersih
Saat menyapu lantai kita pasti diwanti-wanti untuk menyapu sebersih mungkin. Orangtua sering bilang kalau menyapu tidak bersih, nanti suami atau istri kita brewokan. Sampai sekarang, mitos inilah yang paling bikin saya ngakak, masalahnya antara debu yang kita sapu dan brewokan itu amat sangat jauh hubungannya.
ARTI : agar rumahnya bersih, biar gak kotor.

7.Mudah geli
Mudah geli itu maksudnya sensitive sekali dan mudah geli ketika dikelitikin. Katanya kalau mudah geli nanti istri atau suaminya ganteng. Jadi agak heran juga sama para orangtua, masa sejak kecil udah dikenalin suami-istri gitu.
ARTI : Biar gak terjadi hal yang tidak diinginkan waktu saling gelitik, contoh : ketatap tembok, nangis

8.Tidur tengkurap dengan betis keatas (jawa: ager-ager)
Tidur tengkurap dengan kedua betis diangkat keatas di daerahku sering disebut ager-ager. Pasti banyak diantara kalian yang sering dimarahi karena berpose seperti ini, karena ager-ager itu sama saja dengan mendoakan orangtuanya cepat berpulang. Ohmen, lagi-lagi masalah umur.
ARTI : Gak masuk akal...... itu semua agar pernafasan kita tidak terganggu aja.

9.Memukul benda-benda untuk menghasilkan bunyi (jawa : kelothekan)
Memukul benda-benda untuk menghasilkan bunyi ala drummer dalam bahasa jawa sering disebut kelothekan. Banyak orangtua yang melarang anaknya untuk berlaku demikian. Karena semakin sering sang anak kelothekan maka semakin banyak hutang yang dimiliki orangtuanya. Jadi gak kebayang berapa banyak hutang orangtua para drummer papan atas. Kasian ya mereka.
ARTI : agar saat orang tidur, tidak ada yang terganggu.

10.Menduduki bantal
Orangtua sering melarang anak-anaknya untuk menduduki bantal karena bisa menyebabkan bisulan. Entah apa hubungan bantal dengan bisulan, yang jelas sampai sekarang banyak yang masih mempercayai mitos ini.
ARTI : Bantal itu tempat kepala, bukan tempat bokong.....tapi kalau di jepang lain lagi.


Sebenarnya masih banyak lagi mitos-mitos yang sering kita dengar di masa kecil. Mungkin sampai sekarang masih ada diantara pembaca yang masih mempercayai bahkan sayapun juga, karena memang sudah terbukti benar adanya.

Mitos berhubungan langsung dengan kepercayaan masing-masing individu yang menjadi objek.
Menurut mereka bila kita percaya maka akan terjadi jika tidak, niscaya tidak akan pernah terjadi.
Inilah salah satu bukti indahnya kebudayaan Indonesia dengan berbagai kepercayaan yang unik.
Kita patut berbangga sebagai warga Indonesia.


0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲