The Alien

Cara Membuat Tulisan Bubble Typo Mennggunakan Corel Draw X4

| Sabtu, 22 Maret 2014

Cara Membuat Bubble Typo Mennggunakan Corel Draw X4

Tipografi (Typography) adalah perpaduan antara seni dan teknik mengatur tulisan, agar maksud serta arti tulisan dapat tersampaikan dengan baik secara visual kepada pembaca. Pengolahan tipografi tidak hanya terbatas lewat pemilihan jenis huruf, ukuran huruf, dekorasi, kesesuaian dengan tema, tetapi juga meliputi tata letak vertikal atau horizontal tulisan pada sebuah bidang desain.
Ilmu tipografi digunakan pada banyak bidang diantaranya desain grafis, desain web, percetakan, majalah, desain produk dll. Di sini saya akan berbagi ilmu Tipografi dengan membuat Bubble Typo pada Corel Draw X4.

 

 LANGKAH I

Buka dokumen baru (Ctrl+N). Saya menggunakan salah satu brush Artistic Media untuk membuat tulisan. KlikArtistic Media (I) di toolbox lalu pada preset pilihlah Rounded Stroke. Lihat gambar.


LANGKAH 2

Mulai menggambar. Dengan menggunakan brush Rounded Stroke tersebut kita akan menggoreskan sebuah tulisan. Disinilah imajinasi dan kreativitasmu diperlukan. Untuk membuat goresan yang bervariasi, gunakan bermacam ukuran yang bisa diset di Stroke Width.


LANGKAH 3

Setelah selesai membuat tulisan, maka kita perlu memisahkan memisahkan stroke asli dan hasil goresan brush untuk proses editing lebih lanjut. Caranya: Gunakan preview wireframe (menu: View>Wireframe) sehingga akan terlihat garis-garis ditengah rounded brush yang telah kita buat. Select/pilih semua gambar lalu klik menu Arrange>Break Artisric Media Group atau gunakan Ctrl K. Setelah proses ini, kedua bagian akan terpisah. Hapuslah semua garis yang berada ditengah tiap gambar.



LANGKAH 4

Setelah semua garis terhapus, kembalikan preview ke Normal atau Enhanced Preview. Kita bisa melalukan pengeditan obyek lebih lanjut jika terasa kurang sempurna.
Setelah masing-masing obyek sudah sesuai keinginan, gabungkan semua obyek menggunakan perintah Weld(menu: Arrange>Shapping) atau gunakan menu di Property Bar. Pada langkah ini kita bisa memberi warna pada obyek dan memberi outline menggunakan efek Contour.


Setelah proses ini, gambar sudah terlihat bentuknya. Agar lebih menampakkan efek 3D maka kita perlu menambahkan beberapa elemen semacam bayangan atau garis potong. Lihat gambar.




Hasil Akhir (klik untuk memperbesar)
Nah lebih menarik kan? Bubble Typo sudah terlihat lebih berdimensi daripada sebelumnya. Bermainlah dengan warna dan shape baru untuk membuat variasi lain yang lebih menarik.Selamat mencoba, Kawan!

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲