The Alien

Perbedaan Buaya Dan Aligator

| Kamis, 27 Maret 2014

Perbedaan Buaya Dan Aligator

Buaya dan aligator merupakan predator buas yg hidup di sekitar perairan. Meskipun terlihat sama sebenarnya diantara keduanya terdapat beberapa perbedaan. Berikut saya tuliskan beberapa perbedaanya itu.

Gigi Ke-4
Inilah perbedaan yg paling mencolok dari buaya dan aligator itu. Gigi ke-4 yg besar di rahang bawah seekor aligator masuk pada rongga di rahang atasnya, sehingga saat mulut tertutup tidak terlihat gigi yg menonjol ke atas. Sebaliknya, pada buaya, gigi ini terlihat bahkan ketika mulutnya tertutup.
gambar perbandingan gigi ke-4 buaya dan aligator saat mulut tertutup

Moncong
Buaya memiliki moncong panjang dan menyempit, cenderung membentuk huruf "V". Sementara aligator memiliki moncong yg pendek, lebar, dan berbentuk huruf "U". 
gambar perbandingan moncong buaya dan aligator 

Warna
Aligator memiliki warna tubuh gelap dan nampak kehitaman. Sementara buaya lebih terang, tampilannya cenderung kehijauan atau kecoklatan.
warna tubuh aligator (kanan) terlihat lebih gelap dibandingkan buaya (kiri).

Keluarga Aligator Dan Buaya
Aligator termasuk Famili Alligatoridae, terdiri dari 2 spesies aligator dan 6 spesies caiman. Contoh spesies-spesies tersebut diantaranya, caiman hitam (Melanosuchus niger), Caiman bermoncong lebar (Caiman 
latirostris), caiman Yascare (Caiman yacare), aligator Amerika/aligator Mississippi (Alligator mississippiensis), dan Aligator China (Alligator sinensis).
 contoh beberapa spesies aligator

Buaya tergolong Famili Crocodylidae dan terdapat 15 spesies, diantaranya buaya muara/buaya estuarium/buaya air asin (Crocodylus porosus), buaya Sungai Nil (Crocodylus niloticus), buaya Papua (Crocodylus novaeguineae), buaya Siam (Crocodylus siamensis), buaya Orinoco (Crocodylus intermedius) dan buaya Amerika (Crocodylus acutus).
 
contoh beberapa spesies buaya

Panjang Tubuh
Ukuran tubuh buaya jauh lebih besar dibandingkan aligator. Caiman memiliki panjang 1,2-2 m, sementara aligator memiliki panjang sampai 4 m. Pada buaya memiliki panjang tubuh yg beragam, mulai dari 1,5 m sampai 6 m. Panjang tubuh pejantan lebih besar di bandingkan yg betina.

Aligator terbesar yg diketahui panjangnya mencapai 5,84 m. Sementara buaya terbesar adalah buaya muara atau buaya air asin. Sumber Wikipedia Bahasa Indonesia mengatakan di Sangatta, Kalimantan Timur, terdapat 
buaya muara sepanjang 12 m. Tetapi, Guinness Book of World Records mencatat buaya yg terbesar adalah sepanjang 23 kaki (7 meter) yg terdapat di India.
atas: salah satu buaya terbesar yg terabadikan kamera
bawah: salah satu aligator terbesar yg terabadikan kamera

Tempat Hidup
Buaya dan aligator hidup di daerah tropis dan subtropis. Aligator hanya di temukan di beberapa tempat saja. Aligator hidup di Amerika Serikat dan China biagian tenggara, sementara caiman banyak di temukan di Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Buaya ditemukan di banyak tempat di belahan dunia. Mereka hidup di Florida, Amerika Tengah, Amerika Selatan, Afrika, Pakistan, India, Asia Tenggara (termasuk Indonesia), dan Ausralia. Buaya muara/buaya air asin bahkan ditemukan di pulau2 terpencil di Samudra Pasifik. Mereka di ketahui mampu berenang di lautan dg jarak yg cukup jauh.

Meskipun buaya dan aligator ada yg ditemukan di wilayah yg sama, mereka tidak hidup berdekatan. Misalnya, di Kepulauan Florida, buaya Amerika ditemukan di dekat laut yg sebagian airnya asin, sementara aligator di temukan di dekat daratan yg berair tawar.

Kelenjar Garam Lidah
Buaya berbeda dari aligator dan caimans dari segi fungsi kelenjar garam di dalam lidah mereka. Secara struktural, ini merupakan modifikasi dari kelenjar ludah. Kelenjar pada aligator serta caiman telah kehilangan fungsi mengeksresikan sejumlah besar kandungan garam. Aligator dan caiman tak mampu melakukan osmosis, untuk mengeluarkan kelebihan garam melalui kelenjar lidah, sehingga mereka hidup di air tawar semua. Berbeda dg aligator dan caiman, buaya dapat hidup di air asin, seperti laut. 

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲