The Alien

"Do A Barrel Roll" di Google

| Jumat, 17 Januari 2014
Google memang kreatif dalam menyisipkan beberapa rahasia unik dalam sistem pencari mereka. Jika hati atau pikiran ente sedang tak mood saat ini maka ente akan sedikit terhibur dengan trik "do a barrel roll" yang di tampilkan oleh Google ini.


Sebenarnya trik ini sudah lama, 11/3/11. Artinya Birayang berbagi untuk yang belum tahu. Jika ente penasaran, silahkan saja masuk ke situs Google.com, atau bisa langsung ketik "do a barrel roll" (tanpa tanda petik) pada kolom pencarian Google yang telah tersedia di browser komputer. Kemudian klik tombolsearch atau klik enter. Apa yang terjadi? Halaman Google salto dengan berputar 360 derajat pada desktop, keren sekali!

Gunakan browser versi terbaru yang mendukung HTML5 agar kode konten tersebut dapat bekerja. Karena jika ente menggunakan browser versi lama mungkin efek berputar halaman pencarian ini tidak bisa muncul.

Google menjelaskan bahwa trik ini diciptakan oleh insinyur Google untuk menunjukkan sedikit kehebatan CSS3. “Hal menyenangkan hari ini, ‘do a barrel roll’ diciptakan oleh seorang insinyur perangkat lunak Google dengan tujuan untuk menghibur pengguna Google dengan menampilkan kekuatan CSS3, sebuah alat presentasi yang ada di fitur browser modern,” demikian notifikasi Google.

DO A BARREL ROLL


Secara harfiah "do a barrel rol" bisa diartikan sebagai manuver pesawat yang bisa membuat putaran secara penuh dengan lintasan sarah dengan sumbu axis pesawat tersebut. Arti lainnya adalah nasihat yang diberikan oleh seseorang untuk membuat hal penting dalam hidup. Sebagai contoh, jika seorang teman mengeluh dengan mengatakan "Kemarin sungguh hal terburuk terjadi dalam hidupku, aku kehilangan pekerjaan dan pasangan meninggalkanku. Apa yang harus kulakukan teman?" Kita pun bisa menjawabnya dengan jawaban singkat do a barrel roll.

Tak peduli apa arti sesungguhnya dari "do a barrel roll" tapi yang penting disini adalah Google telah memberikan hiburan yang menarik. Betul? Selain "do a barrel roll", ente bisa juga mencoba beberapa kata rahasia lainnya berikut ini.
  • tilt
  • the loneliest number
  • recursion
  • once in a blue moon
  • anagram
  • ascii art
  • askew
  • answer to life, the universe, and everything

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲