The Alien

YOUNG JUSTICE

| Senin, 21 April 2014


Ada sebuah era dalam DC di mana para sidekicks superhero dunia DC tidak disebut sebagai Teen Titans tetapi sebagai Young Justice. Serial animasi terbaru dunia DC ini berfokus pada remaja-remaja itu dalam pergumulan mereka mencari tempat di tengah para superhero mentor mereka.
Kalau kalian ingat beberapa tahun lalu ada animasi berjudul Teen Titans Go. Animasi tersebut memiliki deretan karakter: Robin, Cyborg, Beast Boy, Raven, dan Starfire yang mengacur pada sosok-sosok yang mengisi line-up pada jaman 1980an dulu. Nah dalam Young Justice ini roster mula-mula tim adalah: Aqualad, Robin, Superboy, Miss Martian, Kid Flash, dan Artemis. Roster ini merupakan amalgam dari dua generasi Teen Titans; pertama dari inkarnasi Young Justice dan kedua dari reboot Teen Titans sejak ditangani lagi oleh Geoff Johns. Uniknya, Young Justice memiliki basis dalam multiverse DC saat ini (The New 52) yaitu Earth-16.
Young Justice Promo Poster
Young Justice ini menarik perhatian banyak orang sebab DC telah membajak Greg Weisman, sosok yang ada di belakang kesuksesan dari serial animasi sukses Marvel: The Spectacular Spider-man. Diambilnya studio komik tersebut oleh Disney memang menimbulkan beberapa korban termasuk serial animasi tersebut. Nah, DC tidak tinggal diam dan langsung merekrut Weisman masuk dalam jajaran studio animasi mereka. Setelah menggodok konsepnya matang-matang, lahirlah serial ini.
Kendati serial ini berfokus pada sidekick-sidekick muda yang saya sebut di atas tadi, Young Justice sebenarnya mencakup seluruh dunia DC. Ini memberinya feel yang sangat berbeda dengan Teen Titans Go di mana para superhero dewasa absen di dalamnya (bahkan nama Batman pun hanya disebutkan secara samar oleh Robin dalam salah satu episodenya). Di sini Justice League memainkan peranan yang tak kalah penting dengan para superhero muda. Sering kali para superhero dewasa mulai dari para heavy hitter ala Superman, Batman, Wonder Woman sampai superhero kelas B macam Flash, Black Canary dan Red Tornado ambil bagian dalam misi-misi para anggota Young Justice, terkadang dalam misi gabungan dan terkadang lagi dalam tugas menjadi mentor. Untung saja penulisan dalam episode tidak pernah kehilangan fokus kepada para superhero sidekick mudanya.
Superheroes and Sidekicks
Tim yang berisi ragam kepribadian yang sering berbentrokan satu sama lain juga alasan kenapa saya menyukainya. Robin sempat menentang kepemimpinan Aqualad di awal pemilihannya karena merasa ia adalah sidekick yang paling berpengalaman. Superboy sempat merasakan inferior karena tidak pernah diakui oleh Superman dan lebih malu lagi ketika menyadari dari siapa setengah genetiknya dikloning (mereka yang membaca komik pasti sudah tahu!), bahkan anggota-anggota yang baru bergabung belakangan seperti Zatanna pun memiliki story arcnya sendiri. Sebagaimana halnya Justice League: Unlimited dulu, Young Justice adalah serial yang akan saya rekomendasikan kepada siapapun yang ingin mengenal lebih dalam mengenai seluk beluk dunia DC.
Kendati memiliki banyak setpiece aksi yang seru dan menarik (sekaligus cara pertarungan yang koreografinya cukup kreatif dan baru) saya agak menyayangkan jalinan cerita utama dari Young Justice mengenai kelompok misterius bernama The Light. Biasa setiap episode dalam Young Justice ditutup dengan fakta bahwa ada kelompok bernama The Light yang menjadi penarik benang boneka di balik layar, celakanya sampai hampir pada akhir season pertamapun siapa anggota kawanan ini dan apa motif mereka sebenarnya tak pernah jelas. Semoga saja pacing jalan cerita secara keseluruhan ini bisa lebih diperbaiki di season keduanya nanti.
Artemis. Not Arrowette.
Kualitas animasi yang tinggi dalam Young Justice tidak datang tanpa pengorbanan. Serial yang dimulai sejak Januari 2011 baru menyelesaikan season pertamanya April 2012… hampir satu setengah tahun lamanya dan setelah melewati dua break panjang (satu sepanjang ENAM bulan lantas sekali lagi sepanjang EMPAT bulan). Semoga DC rela mengucurkan budget lebih besar untuk memperbesar tim animator serial ini supaya penayangannya lebih konsisten dibandingkan sekarang.
So my verdict is… walaupun masih ada kekurangan di sana-sini secara keseluruhan saya sangat puas dengan kualitas cerita dan animasi dari serial Young Justice ini. Kendati berembel-embel ‘Young’ di depannya, ini adalah sebuah serial yang bisa diikuti dan dinikmati pecinta komik segala usia!

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲